Menu Bar

Monday, March 21, 2016

Pembelajaran di PAUD Ananda dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI) - Pertemuan 1 & 2






Kelas : LF11
Nama Dosen : Yeremias Jena.
Kode Dosen : D2687
Tanggal Kegiatan : Rabu & Jumat, 16 & 18 Maret 2016
Lama Kegiatan : 08.00-9.30
Lokasi : Jln. Kemandoran 8A RT002/RW011, Grogol Utara, Jakarta Selatan

Tim yang hadir :
Ketua/PIC : Mohammad Zaki Adrian (1901489014)
Anggota :
1. Andika Wirestyo Banuraga (1901528375)
2. Nanda Feriansyah (1901514445)
3. Muhammad Fakhri Zhulian Wahyu (1901504564)
4. Jefry Susanto (1901445295)
5. Muhamad Farhan (1901490003)
6. Muhammad Malik (1901490016)

Tim yang tidak hadir : -

Teori Pembelajaran 

Pembelajaran minggu pertama ini lebih ke bagaimana cara kami mengajari beberapa materi yaitu mengenai media cetak seperti buku, koran, majalah, dan komik. Kenapa kita bilang minggu pertama? Karena kita mengajar PAUD 2 kali / minggu yaitu pada hari Rabu dan Jumat.


Persiapan 

Persiapan kami untuk mengajar di PAUD pun teratai sudah cukup baik. Sekitar pukul 07.30, kelompok kami sudah berkumpul dan siap menuju PAUD Ananda. Untuk persiapan materi sendiri, kelompok kami sudah membawa bahan-bahan alat tulis seperti buku yang nantinya dapat digunakan untuk anak-anak.
















Kegiatan 

Waktu kegiatan dimulai dari 08.00 sampai 9.30. Kami mengajar Kelompok Mawar dan Kelompok Melati. Kelas Mawar yang terdiri dari 17 orang dan Kelompok yang terdiri dari 12 orang. Kami membagi team menjadi 2 untuk mengajar kedua kelas tersebut. Tentunya, kegiatan awal kedua kelas yaitu berdoa terlebih dahulu dan melakukan perkenalan. Setelah sesi berdoa dan perkenalan selesai, kami pun mulai mengajarkan anak-anak tentang materi media cetak.

Pada pukul 09.00, kelas istirahat dan kami pun mengevaluasi apa yang kita sudah lakukan dan untuk kedepannya. Setelah istirahat, kami melanjutkan kegiatan dengan me-review ulang materi media cetak kepada anak-anak untuk mengingatkan kembali. Tidak terasa waktu untuk mengajar Kelompok Mawar dan Melati pun telah selesai. Kelas pun ditutup dengan doa bersama.










Hasil kegiatan

Hasil dari pengajaran di hari pertama dan kedua adalah kami jadi lebih mengenali watak, sifat, dan tingkah laku anak-anak dari berbagai jenjang usia mulai dari 3-5 tahun. Kebersamaan dalam kelompok dan soft skill seperti cara berinteraksi dan cara mengatasi masalah kami sendiri pun menjadi semakin baik dari sebelumnya. Penerapan nilai-nilai pancasila pun ada didalam kegiatan yang kami lakukan seperti Sila 1 yang berbunyi, "Ketuhanan Yang Maha Esa" karena pada awal kegiatan dan akhir kegiatan kami melakukan doa bersama dan juga Sila 3 yang berbunyi, "Persatuan Indonesia" di mana di dalam proses pembelajaran, kami berhasil berbaur dan menyatukan anak-anak yang berlatar belakang agama dan juga ras yang berbeda.









Kesimpulan

Kesimpulan yang kami buat adalah, kami berhasil dan cukup puas dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di pertemuan pertama ini. Setiap kegiatan pastinya tidak luput dari kesalahan. Menurut Ibu Yayah yang memberikan evaluasi kepada kami, kami sudah baik dalam melakukan kegiatan tersebut. Pada pertemuan berikutnya, kami berkomitmen akan lebih baik dalam mengatur waktu dan juga mengisi waktu.



No comments:

Post a Comment