Menu Bar

Monday, May 23, 2016

Pembelajaran di PAUD Ananda dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI) - Pertemuan 3


Kelas : LF11
Nama Dosen : Yeremias Jena.
Kode Dosen : D2687
Tanggal Kegiatan : Rabu, 23 Maret 2016
Lama Kegiatan : 08.00-9.30
Lokasi : Jln. Kemandoran 8A RT002/RW011, Grogol Utara, Jakarta Selatan

Tim yang hadir :
Ketua/PIC : Mohammad Zaki Adrian (1901489014)
Anggota :
1. Andika Wirestyo Banuraga (1901528375)
2. Nanda Feriansyah (1901514445)
3. Muhammad Fakhri Zhulian Wahyu (1901504564)
4. Jefry Susanto (1901445295)
5. Muhamad Farhan (1901490003)
6. Muhammad Malik (1901490016)

Tim yang tidak hadir : -

Teori Pembelajaran 

Pembelajaran minggu kedua atau pertemuan 3 ini lebih ke bagaimana cara kami mengajari beberapa materi mengenai media elektronik seperti radio, TV, dan telefon. 

Persiapan 

Persiapan kami mengajar PAUD pada pertemuan 3 dimulai sekitar pukul 07.30, kelompok kami berkumpul di sebuah meeting point, dan siap pergi menuju PAUD Ananda. Untuk persiapan materi, kelompok kami sudah menyiapkan bahan-bahan mewarnai untuk kegiatan anak-anak nanti.


Kegiatan 

Seperti biasa, kegiatan dimulai pada pukul 08.00 sampai 9.30. Murid mengawali kegiatan dengan senam pagi. Setelah selesai melakukan senam, murid dituntun untuk masuk ke kelasnya masing-masing, melakukan doa, dan memulai kegiatan belajar-mengajar tentang media elektronik. Sebelum melakukan kegiatan mewarnai, kita memperkenalkan terlebih dahulu tentang media elektronik seperti radio, TV, dan komputer.


Pada pukul 09.00, kelas istirahat dan kami melakukan evaluasi tentang apa yang kita sudah lakukan dan untuk mempersiapkan untuk kegiatan selanjutnya. Setelah istirahat, kami melanjutkan kegiatan dengan mengulas ulang materi media cetak kepada anak-anak untuk mengingatkan kembali. Tidak terasa waktu untuk mengajar kelompok Mawar dan Melati pun telah selesai. Kelas pun ditutup dengan doa bersama.


























Hasil kegiatan


Hasil dari pengajaran di minggu kedua ini cukup memuaskan. Anak-anak mampu mengerjakan tugas yang telah kita berikan dengan tertib dan tekun. Berawal dari doa, lalu dilanjutkan dengan kegiatan belajar-mengajar menunjukkan bahwa telah terrealisasikannya wujud dari sifat sila pertama dan juga kelima, bahwa telah dibentuknya rasa Ketuhanan dan keadilan sosial, di mana setiap anak mendapatkan pendidikan secara merata.





Kesimpulan


Kesimpulan yang kami buat adalah, kami berhasil dan cukup puas dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di pertemuan tiga ini. Setiap kegiatan telah dilalui dengan lancar.




No comments:

Post a Comment