Menu Bar

Monday, May 23, 2016

Pembelajaran di PAUD Ananda dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI) - Pertemuan 4



Kelas : LF11
Nama Dosen : Yeremias Jena.
Kode Dosen : D2687
Tanggal Kegiatan : Rabu, 30 Maret 2016
Lama Kegiatan : 08.00-9.30
Lokasi : Jln. Kemandoran 8A RT002/RW011, Grogol Utara, Jakarta Selatan

Tim yang hadir :
Ketua/PIC : Mohammad Zaki Adrian (1901489014)
Anggota :
1. Andika Wirestyo Banuraga (1901528375)
2. Nanda Feriansyah (1901514445)
3. Muhammad Fakhri Zhulian Wahyu (1901504564)
4. Jefry Susanto (1901445295)
5. Muhamad Farhan (1901490003)
6. Muhammad Malik (1901490016)

Tim yang tidak hadir : -

Teori Pembelajaran 

Pembelajaran minggu ketiga atau pertemuan 4 ini lebih ke bagaimana cara kami mengajari beberapa materi yaitu mengenai angin.

Persiapan 

Persiapan kami untuk mengajar di PAUD pada pertemuan 4. Sekitar pukul 07.30-7.45, kelompok kami sudah beberapa yang berkumpul dan ada beberapa yang telat, maka ketika persiapan sekarang agak melenceng sedikit. Untuk persiapan materi sendiri, kelompok kami sudah membawa bahan-bahan untuk pertemuan ini.


Kegiatan 

Waktu kegiatan sama dan tetep dimulai dari 08.00 sampai 9.30. Topik hari ini adalah “Angin”. Pada kelas pertama, anak – anak diajarkan untuk membaca dan menulis. Pertama-tama kami menuliskan hal – hal yang akan ditulis oleh anak – anak kemudian membacanya bersama – sama. Kemudian anak – anak menuliskan hal – hal yang baru saja dibaca bersama untuk melatih kemampuan mereka dalam menulis. Tentunya para anggota kelompok kami membimbing penulisan yang dilakukan oleh anak – anak tersebut satu per satu. Anak – anak tersebut terlihat antusias dalam menulis.











 

Hasil kegiatan

Hasil dari pengajaran kami di pertemuan 4 ini adalah, kelompok kami bisa lebih belajar menoleransi antar sesama dimana sikap toleransi ini juga tertanam dalam pancasila Sila ke-5 yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan juga khususnya di Sila ke-4 yang berbunyi Kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Bagaimanapun juga, keluarga adalah hal terpenting setelah Tuhan. Kami juga lebih dekat dengan anak-anak.





Kesimpulan

Kesimpulan dari kunjungan ke PAUD Ananda kali ini adalah kami selaku mahasiswa yang datang untuk membantu proses belajar-mengajar harus lebih peka dan peduli terhadap anak-anak yang kurang bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

No comments:

Post a Comment