Menu Bar

Monday, May 23, 2016

Pembelajaran di PAUD Ananda dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI) - Pertemuan 6



Kelas : LF11
Nama Dosen : Yeremias Jena.
Kode Dosen : D2687
Tanggal Kegiatan : Rabu, 6 April 2016
Lama Kegiatan : 08.00-9.30
Lokasi : Jln. Kemandoran 8A RT002/RW011, Grogol Utara, Jakarta Selatan

Tim yang hadir :
Ketua/PIC : Mohammad Zaki Adrian (1901489014)
Anggota :
1. Andika Wirestyo Banuraga (1901528375)
2. Nanda Feriansyah (1901514445)
3. Muhammad Fakhri Zhulian Wahyu (1901504564)
4. Jefry Susanto (1901445295)
5. Muhamad Farhan (1901490003)
6. Muhammad Malik (1901490016)

Tim yang tidak hadir : -

Teori Pembelajaran 

Di pertemuan ke-6 atau terakhir ini, kita mengajarkan kepada anak-anak tentang alam semesta, yaitu tentang air. Selain air, kita juga melakukan kegiatan menulis dan mewarnai huruf alphabet, mengenal warna-warna dasar, dan juga membuat kalung menggunakan sedotan dan tali.

Persiapan 

Bahan-bahan untuk membuat kalung sudah tersedia di PAUD Anada, seperti sedotan berwarna dan Tali. Kita hanya ditugaskan untuk menyediakan 4 buah gelas yang nantinya akan digunakan untuk melakukan pencampuran warna.


Kegiatan 

Waktu kegiatan dimulai dari pukul 08.00 sampai 9.30. Untuk kelas Melati, kita memberikan penjelasan tentang macam-macam warna dasar. Setelah itu, kita melakukan kegiatan mewarnai huruf alphabet. 
Untuk kelas Mawar, kita mengajarkan mereka tentang warna dasar dan juga pencampuran warna menggunakan air. Setelah itu, murid disuruh untuk membuat kalung atau gelang dengan tali dan sedotan yang sudah disediakan. Kita menginstruksikan anak-anak dari kelas Melati untuk memotong sedotan menjadi beberapa bagian kecil. Sedotan yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian kecil tersebut akan dimasukan ke dalam tali, lalu tali tersebut diikat dari ujung ke ujung.

Setelah semua kegiatan selesai, murid diperbolehkan untuk istirahat dan bermain di luar kelas sampai bell sekolah berbunyi. Sekitar 20 menit kemudian, murid diperintahkan untuk masuk kembali ke dalam kelas dan melakukan evaluasi mengenai kegiatan yang sudah dilakukan hari tersebut.





Hasil kegiatan

Pertemuan terakhir ini berjalan cukup lancar. Walaupun ada beberapa anak yang sedikit susah untuk diatur, tapi itu bukan menjadi kendala besar bagi kita. Sebagian besar murid sangat senang melakukan kegiatan-kegiatan pada hari ini, terutama kegiatan pencampuran warna menggunakan air.

Kesimpulan

Kegiatan di pertemuan ke-6 berjalan dengan baik. Dibanding pertemuan-pertemuan sebelumnya, pertemuan kali ini menurut kita adalah pertemuan yang paling melelahkan. Kegiatan yang kita lakukan cukup banyak, namun senyuman anak-anak dapat membayar semua rasa lelah tersebut. Sebelum kita mengakhiri kegiatan pembelajaran di PAUD Ananda, kita memberikan kepada masing-masing murid susu coklat. Tidak lupa juga, kita memberikan ucapan terima kasih kepada guru-guru PAUD Ananda yang sudah mengizinkan kita untuk belajar di sana. Kegiatan belajar-mengajar PAUD ditutup dengan salam dan foto bersama.



No comments:

Post a Comment